Kamis, 23 Oktober 2008

PAMERAN ITU APA PAK?

Ketika rencana pameran lukisan saya sampaikan pada salah seorang siswa yang masih TK, Sheila namanya. Dia nampak bingung dengan istilah pameran, “pameran itu apa pak?” lalu saya jelaskan sedikit detail, kalau pemeran itu memajang lukisan dengan teman-teman yang lain di sebuah ruangan khusus untuk pameran. Bahkan nanti lukisan itu dilihat banyak orang.
Beberapa saat kemudian Sheila mengutarakan
keinginannya untuk ikut berperan, “Mau..mau…”, katanya. Diapun lebih bersemangat dalam menggambar.
Teryata pameran bagi anak-anak bukan hanya sekedar unjuk karya saja. Lebih dari itu pameran memberikan spirit berkarya baginya. Spirit yang berlipat, baik dalam hal Fisikoplastis maupun ideoplastisnya. Komposisi menjadi lebih kaya, idenya terkadang nakal dari biasanya.
Ini bisa terwujud bila anak-anak dilibatkan dalam pencarian ide, visualisasi, maupun proses mewarnai. Mereka dapat masuk dalam lukisan dan bahagia tanpa terbebani. Anak-anakpun dapat menikmati dan bercerita dengan yang digambarnya. Tentu ini akan membuat mereka bangga dengan hasil karyanya.
Bagi anak-anak yang pernah ikut pameran, suasana pameran 2 tahun lalu menjadi peristiwa yang dirindukan. Seperti (Chica), begitu senangnya ketika komunitas magenta akan mengadakan pameran lagi. Dia ingin tahu seperti apa lukisan teman-teman yang lain. “aku jadi penasaran”, katanya. Setali tiga uang dengan Cicha, Glenn yang punya cinta-cita jadi disainer mobil di Jerman ini, juga ingin segera menampilkan karya-karyanya.
Akhirnya saat yang ditunggu telah tiba. Pameranpun digelar. Semoga pameran menjadi tenaga untuk menumbuhkan semangat berkreasi, menambah wawasan, bercermin diri, juga sebagai tempat belajar. selamat berpameran ya!

0 komentar:

catatan seni lukis anak 2008 © Blog Design 'Felicidade' por EMPORIUM DIGITAL 2008

Back to TOP